Rabu, 25 Maret 2015

ayah mengapa aku berbeda










Di kisahkan terdapat sepasang suami istri yang diberi amanat oleh tuhan untuk mendapatkan sebuah anak dan mereka sangat senang serta menunggu kelahiran si cabang banyinya tersebut. Kedua insan ini sedang menunggu nunggu kelahiran anak peatamanya. Dalam persalinan, si istri tersebut tidak kuat menahan sakit yang di rasakannya ketika ia melakukan persalinan. Karena tidak kuat si istri tersebut memilih anaknya untuk tetap bertahan hidup sedangkan dia meninggal dan melahirkan seorang putri perempuan yang sangat mungil dan cantik yang diberi nama Angel.
 

 Angel adalah gadis yang sangat lucu, cantik, cerdas. Setelah mamahnya meninggal dunia, nenek dan ayahnyalah yang mengurusnya . Di umurnya yang ke dua ayahnya terheran- heran mengapa angel belum bisa bicara dengan baik. Lalu ayahnya mencoba berkonsultasi kepada dokter tentang keadaannya saat itu. Dokterpun berkata bahwa angel mempunyai keterbatasan yang berbeda dengan anak-anak lain pada umumnya. Angel adalah seorang tunarungu, dia tidak bisa mendengar sejak ia kecil begitupun bicaranya tidak seperti orang normal biasanya. Meskipun dia berbeda dengan anak seusianya, namun dia dianugrahi dengan kepintaran dan kecerdasannya. Angel sangat pintar dalam bermain musik yaitu piano. Karena turunan dari orang tuanyalah dia bisa bermain piano dengan baik dan benar. 



Dengan hati yang tidak tega, ayahnya memasukkan angel ke sekolahan yang sangat khusus yaitu sekolah luar biasa (SLB). Meskipun angel merasa tidak biasa sekolah di tempat tersebut, akan tetapi ayahnya tidak pernah lelah untuk memberikan dorongan dan mensupport angel supaya ingin sekolah dan belajar seperti anak anak yang lain. 



Setelah beberapa tahun angel sekolah di tempat tersebut, gurunya sangat takjub terhadap angel karena dia mempunyai kemampuan yang jauh lebih berkembang dibandingkan anak anak lainnya, sehingga setara dengan anak anak normal pada umumnya. Guru angel menyarankan ayahnya untuk memindahkan angel untuk sekolahan biasa pada umumnya.  Ayah  angel berpikir dengan rasa takut karena beliau takut jika anaknya masuk sekolah biasa bisa  jadi bahan bulian teman temannya jika dia masuk ke sekolahan yang biasanya karena angel adalah anak yang tidak seperti orang lain pada umumnya.akan tetapi angel sangat ingin sekolah di tempat yang layak untuknya dan ingin seperti anak  normal yang lain, maka dari itu dia membuktikan kepada ayah dan neneknya bahwa dia bisa masuk ke sekolah yang dia mau. Lalu ayah dan neneknya pun luluh karena angel yang menginginkan hal tersebut. 



Menginjak sekolah menengah pertama, dia pindah ke sekolahan yang biasanya. Angel  mendaftar sekolah ke sekolahan yang sangat faporit di daerah tersebut. Setelah di uji kemampuannya, kepala sekolah tersebut memperbolehkan angel untuk menjadi siswa disana, akan tetapi kepala sekolah tersebut memberikan nasehat bahwa di sekolah tersebut bukanlah guru yang mengerti muridnya akan tetapi sebaliknya dan angelpun harus bisa bersosialisasi dengan baik disana. Angel menyetujui hal tersebut dengan sangat senang karena akan sekolah disana tempat yang dia inginkan. 



Sebelum angel masuk kelas, neneknya memberi note kecil yang disisipkan dengan pena diatasnya da ada tali yang menggantung, sehingga kemanapun angel pergi, ia bisa membawanya. Dengan begitu, angel bisa menulis segala yang ia perlukan di sekolah dan tentunya untuk berkomunikasi dngan temannya agar lebih mudah. 



Dengan hadirnya angel di sekolahan tersebut tentunya membuat siswa siswi di sekolahan tersebut merasa aneh mengapa anak tersebut bisa masuk sekolahan faporit. Tidak  sedikit siswa siswi disana yang mencaci maki dan menyindir angel dengan perkataan seharusnya dia berada di sekolah luar biasa bukan di sekolahan yang ia tempati saat ini. Di sekolahan tersebut tentu kehidupan angel tidak sama seperti di sekolahan sebelumnya. Dia tidak mempunyai teman yang banyak. Terkecuali Hendra, dia adalah teman satu satunya yang ia punya di sekolahan tersebut dari sekian puluh orang di kelasnya. Hendra sangat baik pada angel, dia sangat senang berteman dengan angel dan sebaliknya.



Dalam kehidupan angel yang sangat terbatas ada saja yang ingin membuat hidupnya menjadi lebih terpuruk. Dia bernama Agnes, dialah perubah keceriaan angel menjadi kesedihan. Dia dan teman temannya membuat angel tidak nyaman di kelas karena mereka selalu dan hampir setiap hari membuli, menghina, menyiksa, melukai secara fisik. Akan tetapi angel selalu bersabar, tegar, kuat menghadapi segala ancaman dari agnes dan tidak pernah angel membalas kejahatan agnes tersebut. Angel tetap baik ketika agnes meminta bantuan kepadanya, meskipun sebenarnya pertolongan angelpun hanya untuk menjailinya tetapi angel tetap menebarkan senyuman kepada agnes dan teman temannya.  Karena angel sangat sabar da tabah, agnespun dibuat heran mengapa angel tetap bertahan di sekolah tersebut karena keinginan agnes adalah menginginkan angel keluar dari sekolah tersebut.  Agnes sangat menginginkan angel keluar dari sekolah tersebut karena dia meras tersaingi oleh angel karena mereka berdua sama sama pintar. Akan tetapi ketika angel masuk ke sekolah tersebut dan permainan piano angel, agnespun merasa kesal dan ingin sekali agar angel pergi dari sekolah tersebut. Karena angel juga bagus dalam memainkan pianonya maka ia bisa bergabung dalam klub musik yang dipimpin oleh ibu Katrina.



 Ketika angel berlatih piano dengan baju yang anggun dan wajahnya nyang cantik, ayahnya memandang wajah angel dengan berpikir bahwa angel sangatlah mirip dengan mamahnya dan ayahnyapun kembali teringat akan istrinya tersebut sambil tersenyum bahagia. 



Usai pelajaran selesai, angel dan kawan kawan selalu menyisihkan waktu untuk berlatih piano di ruang musik bersama pelatihnya yaitu ibu katrina. Karena akan diadakan perlombaan piano antar sekolah. Akan tetapi dimana angel latihan disitupun akan selalu ada agnes yang selalu membuat ulah dan memancing kesabaran angel saat berlatih. Agnes melarang angel untuk mengikuti latihan dan agnespun mengancam keselamatan angel apabila angel tetap mempertahankan pilihannya tersebut untuk berpiano. Akan tetapi angel sudah berjanji kepada ayah dan neneknya untuk memberikan prestasi yang terbaik kepada mereka karena dengan hal tersebutlah angel bisa bertahan di sekolah faporit itu karena sebelumnya angel  disarankan oleh ayahnya untuk berpindah sekolah ke tempat semulanya setelah ayahnya mengetahui bahwa selama ini angel selalu mendapatkan perlakuan yang tidak seharusnya oleh teman temannya. Akan tetapi angel tetap bertahan dan akan membuktikan kepada ayah dan neneknya bahwa dia bisa bertahan di sekolah tersebut. Karena sayang, ayahpun memberi kesempatan kepada angel.



Suatu ketika saat dia sedang bersama ayahnya, tiba tiba ayahnya jatuh pingsan lalu di bawa ke rumah sakit. Ternyata ayah angel menderita penyakit jantung, hal tersebut membuat angel sedih. Dan dari situlah angel berjanji kepada ayahnya, dia akan menampilkan yang terbaik untuk ayahnya dan tidak menghiraukan perkataan agnes yang melarangnya ikut serta dalam konser. 


Dan hari yang di nanti nanti itu tiba, konserpun sudah didepan mata. Agnes  dan teman temannya ternyata telah mempersiapkan hal yang sangat buruk bagi angel. Dibelakang panggung agnes dan teman temannya menjaili angel. Agnes sengaja membuat muka angel tampak seperti badut yang menyeramkan. Agnes melakukan ini semua karena ingin menghancurkan konser tersebut. Agnes dan teman temannya sudah memastikan bahwa angel akan jadi bahan olokan dan baha tawaan bagi para penonton yang ada di sana, tetapi ternyata tidak! Pada awal angel masuk, memang para penonton sedikit terkejut dengan penampilannya,  setelah angel memainkan piano dengan indah, semua nampak hening. Hingga pada akhirnya seluruh penonton bertepuk tangan yang sangat meriah. Agnes dan teman temannya sangat kesal karena misi mereka selalu gagal. Setelah acara konser selesai, ayah angel sangat bangga setelah menyaksikan putrinya memainkan piano dengan baik sambil menangis bahagia. Angel benar benar berjanji untuk tampil luar biasa di hadapan orang orang yang selalu memandangnya sebelah mata. Angelpun langsung memeluk ayahnya dengan kehangatan. 


Setelah janjinya terpenuhi lambat laun penyakit ayah angel mulai parah dan pada akhirnya ayahnya menghembuskan nafas terakhir lalu meninggal dunia. Sangat malang sekali nasib angel karena dia sudah yatim piatu. Setelah ayahnya meninggal angelpun tinggal berdua bersama neneknya yang berpencaharian sebagai pedagang roti. 


Setelah dia ditimpa musibah, ia pula harus kehilangan orang yang sayang padanya untuk yang kesekian kalinya. Ferly meninggal karena kecelakaan. Pada saat ferly menjemput angel , ferly terjatuh dari motornya sehingga ferly sangat kritis dan kehilangan nyawanya. Manager café tempat ferly bekerja memberitahu angel. Angelpun tak kuasa menahan tangis. 


Setelah beberapa tahun yang lalu, angel tamat sekolah SLTP dan angel memutuskan untuk membantu neneknya di toko roti tersebut. Dan pada suatu hari angelpun bertemu dengan teman lamanya, dan pada akhirnya mereka menjadi pasangan kekasih. Walaupun kita mempunyai kekurangan dari segi fisik, tuhan pasti akan memberikan kelebihan pula bagi makhluknya. Maka dari itu kita tidak boleh berhenti untuk selalu belajar dan belajar dengan potensi yang kita punya dan melakukan hal yang positif. Cara berkomunikasi angel ada nonverbal dan juga verbal. Dengan menonton film ini, pelajaran yang bisa diambil yaitu meskipun angel seorang tunarungu tetapi dia tetap bisa berkomunikasi yang baik dengan temannya dan mengembangkan kemampuannya yang dengan kemampuannya tersebut angel mendapatkan teman dan orang orang yang memandangnya sebelah matapun menjadi takjub kepadanya atas apa yang dia punya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar